Bulakmonga, Tidak Dilupakan (Catatan Pelayanan Kesehatan YEU di Mentawai)

Pelayanan_kesehatan_di_dusun_b

Bulakmonga, Tidak Dilupakan

 

Jumat pagi (5/11), kapal ambu-ambu yang membawa Tim Kesehatan YEU merapat di Pelabuhan Havea, Kecamatan Sikakap di Kepulauan Mentawai.  Setelah sehari sebelumnya kapal tidak berani melanjutkan perjalanan ke Kepulauan Mentawai karena badai besar dan kembali bertolak ke Padang.

 

Hanya beristirahat sebentar dan membasahi tubuh untuk menghilangkan penat setalah lebih dari 24 jam berada di kapal, Tim Kesehatan YEU langsung beriap untuk melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Dusun Bulakmonga, itulah tujuan Tim Kesehatan YEU kali ini. 

 

Terletak di Desa Taikako, Kecamatan Sikakap, Dusun Bulakmonga adalah tempat mengungsi para penduduk di Dusun Rua Monga, yang terkena tsunami pada 25 Oktober 2010.  Sekitar 16 Kepala Keluarga dari Rua Monga sekarang menempati tenda-tenda darurat di lapangan dusun Bulakmonga.  Tercatat 1 korban jiwa dari dusun Rua Monga, namun hampir seluruh bangunan rumah rusak berat diterjang gelombang tsunami.

 

Saat Tim Kesehatan YEU datang ke tempat pengungsian ternyata sedang dilakukan pelayanan kesehatan dari organisasi lain.  Bahkan menurut informasi, pelayanan kesehatan sudah beberapa kali diadakan di lokasi ini.  Mungkin karena lokasinya yang bisa dicapai melalui jalan darat dan dapat ditempuh kurang dari satu jam dengan kendaraan roda dua, banyak organisasi sudah memberikan bantuan ke lokasi tersebut.

 

Tak ingin berpulang dengan tangan hampa, setelah meminta ijin kepada ibu kepala dusun Bulakmonga, Tim Kesehatan YEU kemudian melakukan pelayanan kesehatan di Gereja GKPM Bulakmonga.  Tim kesehatan YEU yang terdiri dari seorang perawat, seorang bidan dan seorang dokter segera berbagi peran.  Si perawat Muryadi bertugas untuk mencatat data keluhan pasien dan melakukan penimbangan dan pengukuran berat badan.  Bidan Friska, bila tidak ada pasien ibu hamil, beralih tanggung jawab untuk memberikan obat.  Dan dokter Tay tentu saja menjalankan fungsinya untuk memeriksa pasien dan memberikan resep pengobatan.

 

Berbeda

 

Perbedaan bahasa sempat menjadi kendala pada saat melakukan pelayanan kesehatan.  Ternyata penduduk di dusun Bulakmonga tidak banyak yang bisa berbahasa Indonesia dengan baik.  Walaupun mereka mengerti bahasa Indonesia, namun jawaban yang mereka berikan dalam bahasa Mentawai.    Untunglah, ada seorang warga yang dengan sigap dan tanpa diminta langsung membantu kami menerjemahkan keluhan penyakit yang dialami oleh para pasien. 

 

“Pemeriksaan kali ini berbeda dibandingkan dengan yang sudah pernah.  Kali ini kami ditimbang dan diukur tinggi badannya.  Biasanya kami hanya diukur tekanan darah saja.  Bapak dokter juga memeriksa dengan sangat teliti.  Saya jadi lebih yakin kalau itu (diagnosanya) benar, “tutur Bapak Mantar, salah seorang warga Bulakmonga yang datang untuk berobat, ketika ditanya kesannya dari pelayanan kesehatan yang dilakukan YEU.

 

Matahari berangsur menghilang dari langit seiring dengan antrian pasien yang semakin lama semakin berkurang.  Tim kesehatan YEU menutup pelayanan kesehatan di dusun Bulakmonga dengan menyerahkan beberapa obat sederhana dan makanan tambahan untuk balita kepada kader kesehatan.  Ada senyum bahagia terukir di wajah mereka sebagai ungkapan terima kasih bahwa Bulakmonga tidak dilupakan. (Agnes)

 

Agnes Dewi
Information and Communication Officer
0813 – 10696110

YAKKUM Emergency Unit (YEU)
Jl. Syamratulangi Barat no. 18
Kampung Baru, Kota Pariaman

Telp & Fax : (0751) 91173

About oaseindisasters

Oase in Disaster - Yakkum Emergency Unit This blog is official blog of Yakkum Emergency Unit Member of ACT Alliance and Member of Humanitarian Forum of Indonesia. The contents of this blog covers the YEU's activities related to emergency responds activities in Indonesia. Currently, we are working in emergency respon in three different areas; to respond Wasior flash-flood affected people in Manokwari, West Papua, tsunami-Mentawai affected people in Mentawai, West Sumatera, and Merapi Volcano Eruption in Central Java and Yogyakarta. At the national level, we are coordinating within the network of Humanitarian Forum of Indonesia (HFI) and at the International level we're coordinating with Global Network for Disaster Reduction and ACT Alliance. Email: yeu@yeu.or.id Follow us in twitter @yeu2001 www.yeu.or.id www.actalliance.org www.humanitarianforumindonesia.org
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s