Lapar akan Pengetahuan (Catatan Pelayanan Kesehatan YEU di Mentawai)

Lapar akan Pengetahuan

 

“Pak dokter, anak ini sudah 2 tahun tapi belum bisa berjalan.  Apa kurang gizi atau bagaimana?” kata ibu Maria, kader kesehatan yang membantu Tim Kesehatan YEU, saat melakukan pelayanan kesehatan di dusun Polaga, Desa Matobe, Kecamatan Sikakap, Minggu (7/11).

 

Dusun Polaga terletak sekitar 1 jam dari Kecamatan Sikakap.  Lokasinya bisa diakses dengan menggunakan kendaraan beroda dua melalui pantai pesisir selatan atau menggunakan perahu.  Dihuni oleh sebanyak 41 KK, Dusun Polaga memiliki 3 kader kesehatan, yang salah satu kadernya juga berperan sebagai dukun beranak terlatih.    Posyandu rutin dilakukan setiap bulan, walaupun terkadang tanpa kehadiran dari bidan desa.

 

Keberadaan kader kesehatan selalu kami temukan di setiap dusun yang kami kunjungi.  Kisah mereka sebagai kader kesehatan di dusun tidak jauh berbeda.  Kunjungan bidan desa yang terkadang tidak rutin, entah karena faktor cuaca atau kesibukan lainnya.  Kegiatan Posyandu yang hanya menimbang dan mengukur tinggi balita atau bahkan tidak diadakan bila bidan desa tidak hadir.  Atau sangat jarangnya peningkatan kapasitas seperti pelatihan maupun penyuluhan mengenai kesehatan dasar yang mereka terima.

 

Sejatinya kader kesehatan memegang peranan penting untuk pemenuhan kesehatan dasar, terutama untuk lokasi – lokasi dimana akses kesehatan dapat dikatakan sulit.  Saat ada warga yang sakit, kader kesehatan seharusnya dapat segera memberikan pertolangan dasar.  Kader kesehatan juga seharusnya mampu untuk memberi informasi mengenai isu kesehatan dasar seperti KB kepada masyarakat. Namun karena keterbatasan fasilitas dan juga pengetahuan, kader kesehatan tidak mampu berbuat banyak.

 

“Saya senang bisa membantu YEU, walau hanya membantu menerjemahkan tapi saya mendapat informasi tentang kesehatan.  Kami sangat jarang mendapatkan penyuluhan mengenai kesehatan.  Rasanya sudah 2 tahun yang lalu, kami mendapatkan penyuluhan dari Dinas Kesehatan di Puskesmas Sikakap.  Itupun hanya beberapa jam saja.  Ibarat makan, rasanya baru disuapi dua sendok saja.  Saya masih merasa lapar akan pengetahuan,” tutur ibu Maria.

 

Ini hanyalah sepenggal curahan hati seorang kader kesehatan di salah satu dusun di Kepulauan Mentawai.  Mungkin diluar sana masih banyak suara-suara kerinduan yang sama dari para kader kesehatan.  Dan mungkin suatu hari nanti, perhatian pemerintah terhadap kader kesehatan, khususnya di kepulauan Mentawai, dapat lebih ditingkatkan supaya hak kesehatan dapat dirasakan merata oleh semua warga negara.  (Agnes)
Agnes Dewi
Information and Communication Officer
0813 – 10696110

YAKKUM Emergency Unit (YEU)
Jl. Syamratulangi Barat no. 18
Kampung Baru, Kota Pariaman

Telp & Fax : (0751) 91173

Ibu_maria_kader_kesehatan_dusuIbu_maria_membantu_pelayanan_k

About oaseindisasters

Oase in Disaster - Yakkum Emergency Unit This blog is official blog of Yakkum Emergency Unit Member of ACT Alliance and Member of Humanitarian Forum of Indonesia. The contents of this blog covers the YEU's activities related to emergency responds activities in Indonesia. Currently, we are working in emergency respon in three different areas; to respond Wasior flash-flood affected people in Manokwari, West Papua, tsunami-Mentawai affected people in Mentawai, West Sumatera, and Merapi Volcano Eruption in Central Java and Yogyakarta. At the national level, we are coordinating within the network of Humanitarian Forum of Indonesia (HFI) and at the International level we're coordinating with Global Network for Disaster Reduction and ACT Alliance. Email: yeu@yeu.or.id Follow us in twitter @yeu2001 www.yeu.or.id www.actalliance.org www.humanitarianforumindonesia.org
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s