From Banteng to Sinduharjo

Para penyintas Merapi dari Dusun Boyong, sejak Sabtu (27/11), telah berpindah dari Wisma Nazareth ke Gedung Serba Guna Desa Sinduharjo, Ngagklik, Sleman. Pemindahan tersebut terkait dengan himbauan pemerintah pasca pengurangan zona rawan ancaman erupsi Merapi.

Gedung Serba Guna Desa Sinduharjo adalah tempat keempat yang digunakan untuk menampung warga penyintas dari Dusun Boyong, setelah sebelumnya di Training Center YEU, Disaster Oasis sejak 27 Oktober-3 November 2010, kemudian kompleks SMP 3 Pakem pada 4 November 2010, dan Wisma Nazareth sejak 5-26 November 2010.

Proses pemindahan penyintas dari Wisma Nazareth ke GSG Desa Sinduharjo direkam oleh Tina Sinulingga dari YEU.

Diawali Survey dan Silaturahmi

Pembahasan tentang rencana pemindahan penyintas dari Wisma Nazareth ke Gedung Serba Guna Desa Sinduharjo, Ngagklik, Sleman sudah dibahas sejak 23 November 2010 yang lalu. Rencana tersebut diulas dalam berita berjudul Pemindahan Pengungsi yang dipublikasikan pada hari yang sama.

Pemilihan Gedung Serba Guna Desa Sinduharjo berdasarkan hasil survey yang dilakukan penyintas bersama tim YEU. Mewakili tim survey, Setyo Dharmodjo menuturkan bahwa pihaknya telah melakukan survey ke tiga titik yang disarankan Pemkab Sleman, yakni Stadion Maguwoharjo, GOR Pangukan, dan Youth Center Sleman.

“Ketiga titik yang disarankan gugur. Stadion Maguwoharjo dan GOR Pangukan karena aspek kesehatan dan sanitasi yang terabaikan, sedangkan Youth Center Sleman berjarak sangat jauh dari Dusun Boyong,” jelas Setyo.

Lokasi Gedung Serba Guna Sinduharjo adalah lokasi yang ditawarkan oleh Kepala Desa Sinduharjo atas inisiatif Camat Ngaglik, Sleman. Gedung serbaguna tersebut satu pekarangan dengan Kantor Lurah Desa Sinduharjo, terletak kuranglebih di Jl.Kaliurang Km 10 atau sekitar 22km dari puncak Merapi dan 13km dari Dusun Boyong.

“Para pengungsi dan YEU bersedia memenuhi fasilitas yang kurang seperti tenda untuk kegiatan anak-anak, MCK dan fasilitas tambahan lain. Untuk semua ini diperkirakan dibutuhkan dana sekitar tigapuluh juta rupiah” kata Setyo Dharmodjo.

Berdasarkan pertimbangan teknis manajemen barak pengungsian. Lokasi di Gedung Serba Guna Sinduharjo diperkirakan bisa ditempati selama empatpuluhlima hari. Setelah itu diharapkan status Gunung Merapi sudah memungkinkan warga Boyong pulang ke desanya, dan instalasi penyediaan air bersih yang rusak diterjang lahar dingin juga sudah diperbaiki.

Sebelum pindah, penyintas dusun Boyong, staf dan relawan YEU melakukan kunjungan silaturahmi ke masyarakat dan aparat Kecamatan Ngagklik, khususnya warga Desa Sinduharjo. Kunjungan tersebut disambut hangat oleh masyarakat dan aparat setempat, sembari berharap agar kondisi Merapi bisa segera kembali normal.***

 

 

123456789101112131415161718192021222324

About oaseindisasters

Oase in Disaster - Yakkum Emergency Unit This blog is official blog of Yakkum Emergency Unit Member of ACT Alliance and Member of Humanitarian Forum of Indonesia. The contents of this blog covers the YEU's activities related to emergency responds activities in Indonesia. Currently, we are working in emergency respon in three different areas; to respond Wasior flash-flood affected people in Manokwari, West Papua, tsunami-Mentawai affected people in Mentawai, West Sumatera, and Merapi Volcano Eruption in Central Java and Yogyakarta. At the national level, we are coordinating within the network of Humanitarian Forum of Indonesia (HFI) and at the International level we're coordinating with Global Network for Disaster Reduction and ACT Alliance. Email: yeu@yeu.or.id Follow us in twitter @yeu2001 www.yeu.or.id www.actalliance.org www.humanitarianforumindonesia.org
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s