“Berangkat Dengan Hati” : Kisah lain Anggota JARI – Kelompok Masyarakat Siaga Bencana Winongsari

Kelompok Masyarakat Siaga Bencana ( KMSB ) Desa Winongsari merupakan salah satu kelompok dampingan YEU dalam program PRB ( Pengurangan Resiko Bencana ) yang terbentuk 2 tahun yang lalu. Desa Winongsari sendiri berada di Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo. Desa Winongsari juga salah satu diantara 5 Desa dampingan YEU yang berada di Kabupaten Temanggung dan Wonosobo dalam program- program PRB dengan harapan terciptanya masyarakat yang berdaya dan siap siaga dalam menghadapi bencana.

 

Bencana Merapi yang terjadi beberapa waktu yang lalu cukup mengundang perhatian dari banyak masyarakat dari berbagai daerah untuk turut berpartisipasi membantu para korban bencana. Begitu juga dengan masyarakat yang berada di Desa Winongsari, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo. Berawal dari adanya kabar terhadap kejadian bencana merapi di berbagai media, maka mereka mulai tergerak untuk turut memberikan bantuan, meskipun ada himbauan juga dari pihak pemerintah Kecamatan Kaliwiro untuk bantuan tersebut dan pihak kecamatan juga bersedia untuk menyalurkan bantuan tersebut, tetapi pemerintah Desa Winongsari mempunyai keinginan untuk menyampaikan sendiri kepada para korban bencana.

           

Salah satu upaya untuk membantu para korban bencana merapi, Pemerintah Desa Winongsari, berbagai Lembaga dan Organisasi yang ada di Desa serta Kelompok Masyarakat Siaga Bencana ( KMSB ) yang ada di Desa Winongsari melakukan aksi sosial secara bersama, mereka memberikan himbauan kepada masyarakat untuk mengumpulkan bantuan, yaitu : bahwa setiap KK ( Kepala Keluarga ) diharapkan mengumpulkan iuran sukarela minimal sejumlah Rp 2.000,- dan sembako serta dikumpulkan di masing- masing Kepala Dusun. Setelah semua berhasil dikumpulkan, maka hasil dari iuran yang berbentuk uang tersebut dibelikan sembako, karena mereka merasa kebutuhan korban bencana saat itu adalah bahan makanan. Hasil keseluruhan dari semua yang telah dikumpulkan adalah bahan makanan sebanyak 2 truk.

Pada tanggal 14 November 2010, bantuan tersebut siap untuk diberikan pada korban bencana. Bersama dengan perwakilan warga sejumlah 1 minibus dan 2 truk bahan makanan, mereka berangkat menuju daerah korban bencana, dimana mereka memberikan bantuan tersebut di wilayah Muntilan. Dengan memberikan bantuan tersebut, mereka berharap apa yang mereka berikan tersebut dapat sedikit membantu para korban bencana. Dengan semangat KMSB “ Berangkat Dengan Hati “ harapannya kepedulian terhadap sesama tetap terjaga sampai kapanpun.

Sumber Informasi : Bapak Suradi ( Anggota JaRi SuSi/ Sumbing Sindoro dan Kelompok Masyarakat Siaga Bencana Desa Winongsari )

About oaseindisasters

Oase in Disaster - Yakkum Emergency Unit This blog is official blog of Yakkum Emergency Unit Member of ACT Alliance and Member of Humanitarian Forum of Indonesia. The contents of this blog covers the YEU's activities related to emergency responds activities in Indonesia. Currently, we are working in emergency respon in three different areas; to respond Wasior flash-flood affected people in Manokwari, West Papua, tsunami-Mentawai affected people in Mentawai, West Sumatera, and Merapi Volcano Eruption in Central Java and Yogyakarta. At the national level, we are coordinating within the network of Humanitarian Forum of Indonesia (HFI) and at the International level we're coordinating with Global Network for Disaster Reduction and ACT Alliance. Email: yeu@yeu.or.id Follow us in twitter @yeu2001 www.yeu.or.id www.actalliance.org www.humanitarianforumindonesia.org
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s