Organisasi Rakyat “Sinar Masio”: Semangat baru untuk Gerakan Rakyat Siaga Bencana di Kepulauan Nias

Dukungan_kepala_puskesmas_lahu

Pertemuan warga dalam rangka sosialisasi progam YEU Nias pada awal Desember 2010 lalu, membawa angin segar bagi  pelaksanaan program di desa Bawolato kec. Lahusa, Nias Selatan yang lama tertidur. Proses trust-building atau membangun kepercayaan masyarakat Desa Bawolato sangat terasa membawa perubahan dalam strategi pendampingan.”Jangan biarkan masyarakat bernafas” demikian slogan yang dipegang teguh oleh A’an Mujibur Rahman, pendamping masyarakat desa ini. Bukan berarti membiarkan masyarakat kehabisan nafas, namun bagaimana seorang pendamping mampu menjaga dinamika di daerah dampingan, memotivasi masyarakat untuk melakukan banyak pembenahan di berbagai bidang kehidupan, dan menjaga semangat masyarakat untuk tidak padam.  

 

Sangat nampak bahwa masyarakat sangat rindu akan pembangunan, bukan hanya dalam arti fisik namun juga membangun manusia. Semangat masyarakat ditunjukkan dengan keterlibatan 36 orang yang terdiri dari unsur pemerintahan desa, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh pemuda dalam sebuah pertemuan dan membentuk organisasi rakyat yang mereka namai ”Sinar Masio”. Masio diambil  dari nama sungai besar yang membelah desa Bawolato, oleh sebagian besar masyarakat dijadikan sebagai lahan penghidupan dengan mengumpulkan  koral/batu untuk dijual.  Seperti Organisasi Rakyat di desa dampingan YEU lainnya, organisasi ini akan berjuang melalui lima bidang yaitu Sosial dan Masyarakat, Ekonomi, Kesehatan, Pendidikan dan  Advokasi. Mereka sadar bahwa dari sisi-sisi tersebut kapasitas masyarakat dapat dan harus senantiasa ditingkatkan.

 

Keterlibatan tokoh-tokoh desa dalam organisasi Sinar Masio semakin menguatkan gerakan, kesadaran untuk membuat desa lebih baik salah satunya ditunjukkan oleh Ama Edi, sekretaris desa yang dengan rela menyediakan rumahnya yang kosong untuk aktifitas pertemuan dan kegiatan umum organisasi. Salah satu bentuk sinergitas antara pemerintah desa dengan organisasi rakyat sebagai mitra pembangunan aparatur desa.

 

Desa Bawolato selalu mendapatkan banjir kiriman karena geografisnya merupakan pertemuan tiga sungai besar yang menjadi satu dengan sungai Masio. Jika wilayah-wilayah diatas desa Bawolato terkena hujan dua jam saja, itu artinya Bawolato mesti siaga. Karena dengan hujan yang dua jam tidak berhenti akan mengirim air setinggi 10 meter dengan kecepatan tinggi. “Yang menakutkan adalah tendangannya,” begitu kata masyarakat tepian sungai Masio.

 

Kini muncul optimisme dari warga masyarakat, organisasi akan menjadi kendaraan untuk mencapai tujuan. Hal yang pertama nampak dari gerakan ini  adalah kebersamaan dari perangkat desa untuk mau terlibat dalam diskusi organisasi. Ketidakharmonisan hubungan antar tokoh desa yang sudah lama terjadi kini sudah mencair kembali, bibit persatuan sudah mulai bersemi. Bersatu dan membangun untuk kehidupan yang lebih baik.

 

Ora Sinar Masio yang diketuai Tolasokhi Hulu menjadi Organisasi Rakyat termuda yang bernaung dalam JaRI(Jaringan Rakyat Berdaya dan Siaga Indonesia) Ya’ahowu Kepulauan Nias. Selamat datang kawan-kawan Bawolato, desamu akan berubah bukan oleh orang lain tetapi oleh masyarakatmu sendiri. Selamat berjuang dalam gerakan rakyat siaga bencana.

. 

 

Gunungsitoli, 19 Januari 2011

Henricus Hari W


From: Oase in Disasters <post@oaseindisasters.posterous.com>
To: arshinta_2000@yahoo.com
Sent: Wed, January 26, 2011 6:05:10 PM
Subject: [oaseindisasters] Fw: Jrakah-Klakah

About oaseindisasters

Oase in Disaster - Yakkum Emergency Unit This blog is official blog of Yakkum Emergency Unit Member of ACT Alliance and Member of Humanitarian Forum of Indonesia. The contents of this blog covers the YEU's activities related to emergency responds activities in Indonesia. Currently, we are working in emergency respon in three different areas; to respond Wasior flash-flood affected people in Manokwari, West Papua, tsunami-Mentawai affected people in Mentawai, West Sumatera, and Merapi Volcano Eruption in Central Java and Yogyakarta. At the national level, we are coordinating within the network of Humanitarian Forum of Indonesia (HFI) and at the International level we're coordinating with Global Network for Disaster Reduction and ACT Alliance. Email: yeu@yeu.or.id Follow us in twitter @yeu2001 www.yeu.or.id www.actalliance.org www.humanitarianforumindonesia.org
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Organisasi Rakyat “Sinar Masio”: Semangat baru untuk Gerakan Rakyat Siaga Bencana di Kepulauan Nias

  1. Disaster Oasis says:

    <table cellspacing="0" cellpadding="0" border="0" ><tr><td valign="top" style="font: inherit;"><span style="">Ya’ahowu&nbsp; !!!,&nbsp;&nbsp; Banyak orang nias yang&nbsp; menjadi tokoh di negeri orang;&nbsp; ini berarti&nbsp; Nias adalah gudang&nbsp; tokoh, kalau rakyatnya yang hebat bergerak untuk membangun negerinya, wah luar biasa !!!&nbsp; Selamat&nbsp; Berjuang untuk Ora Nias.&nbsp; </span><br><br>—</td></tr></table>

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s