Pelayanan kesehatan,distribusi Hygiene Kits dan sosialisasi PHBS

Selain melakukan re-assesment YEU juga melakukan pelayanan pengobatan gratis bagi warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan di kamp TT8, Cakupan klien yang terlayani adalah 46 klien , satu klien dikolaborasikan dengan PUSKESMAS Sikakap karena membutuhkan pembedahan minor (butuh local anaesthesie).

Klien Bapak Christian, 50 thn, warga dudun Muntei yang terkena infeksi akibat tertusuk paku pada telapak kaki kiri  di kamp pengungsian 2 minggu yang lalu, terpaksa di rujuk ke PUSKESMAS Sikakap dikarenakan membutuhkan pembedahan kecil untuk mengeksplorasi pernanahan yang terjadi dengan terlebih dahulu di bius local.

Setelah dilakukan pengeluaran nanah, pemasangan drainage luka dan pemberian obat, klien di pulangkan dan untuk selanjutnya akan di jadualkan untuk kunjungan rumah guna perawatan luka oleh tim YEU

 

Setelah kegiatan pengobatan gratis selesai dilakukan serah terima 125 paket  hygiene kit untuk anak-anak yang berisikan;

  • 2 batang sabun mandi
  • 1 sikat gigi anak anak
  • 1 pasta gigi
  • 3 deterjen cuci
  • 1 lebar handuk anak anak
  • 10 sachet shampoo

YEU menyerahkan kepada koordinator kamp pengungsian TT8, bpk Pendeta Oskar. dan juga melakukan sosialisasikan tentang cuci tangan pakai sabun dengan air bersih yang mengalir, sebagai salah satu kegiatan kampanye PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) sejak usia dini.

Tim YEU juga berkesempatan berdiskusi dengan coordinator kamp TT8, kepala dusun / wakil kadus dari 3 dusun yang ada di kamp pengungsian TT8 , beberapa kader posyandu , perwakilan pemuda mengenai dinamikan yang berkembang setelah memasuki 2 bulan paska tsunami yang dirasakan di kamp pengungsian, yang mana salah satunya YEU mengajak warga untuk tetap menjaga kualitas kebersihan lingkungan kamp agar tetap bersih dan sehat; menjaga kebersihan lingkungan, mengalirkan genangan air, membuang sampah pada tempatnya memelihara kebersihan toilet toilet untuk mencegah berkembangnya ancaman penyakit akibat sanitasi yang buruk.

Dari diskusi dengan topic kesehatan dengan kelompok kecil ini ternyata berkembang menjadi diskusi yang sangat menarik, dimana perwakialn warga dan kader memberikan informasi sekaligus usulan pemenuhan kebutuhan penting yang bermanfaat masal bagi mereka warga pengungsi selama masih menempati kamp pengungsian, beberapa diantaranya adalah:

  • Komunitas Camp masih membutuhkan dukungan / tambahan sarana penerangan berupa generator di community centre yang sekaligus di fungsikan sebagai tempat kegiatan bersama, berkumpul, untuk kegiatan pertemuan warga di malam hari dan kebaktian malam , selama ini warga mengandalkan senter untuk penerangan sewaktu berkumpul untuk pertemuan maupun acara kebaktian malam
  • Kader mengusulkan bantuan sarana untuk mendukung kegiatan POSYANDU bagi anak balita karena sarana yang pernah di miliki POSYANDU di dusun sebelum terkena Tsunami seperti timbangan dacin , timbangan bayi , meteran , buku pencatatan kegiatan POSYANDU telah hancur oleh Tsunami.
  • Sebagian warga membutuhkan bantuan sarana berkebun seperti parang dan kampak, karena sarana sarana tersebut juga telah hilang oleh sapuan tsunami, padahal sarana tersebut sangat vital bagi kegiatan berkebun dan berladang bagi mayoritas penduduk.
  • Kader juga mengusulkan adanya bantuan susu / PMT terutama bagi anak balita / bayi korban tsunami yang di tinggal meninggal oleh orang tua maupun anak balita yang kurang gizi.

Dilaporkan oleh: dr. Tay, Meih Andana dan Stief Agus Susanto dari Sikakap.
 

 

 

Serah_terima_hygiene_kitsSerah_terima_hygiene_kits_2Serah_terima_hygiene_kits_3Cara_mencuci_tanganPelayanan_pengobatan

About oaseindisasters

Oase in Disaster - Yakkum Emergency Unit This blog is official blog of Yakkum Emergency Unit Member of ACT Alliance and Member of Humanitarian Forum of Indonesia. The contents of this blog covers the YEU's activities related to emergency responds activities in Indonesia. Currently, we are working in emergency respon in three different areas; to respond Wasior flash-flood affected people in Manokwari, West Papua, tsunami-Mentawai affected people in Mentawai, West Sumatera, and Merapi Volcano Eruption in Central Java and Yogyakarta. At the national level, we are coordinating within the network of Humanitarian Forum of Indonesia (HFI) and at the International level we're coordinating with Global Network for Disaster Reduction and ACT Alliance. Email: yeu@yeu.or.id Follow us in twitter @yeu2001 www.yeu.or.id www.actalliance.org www.humanitarianforumindonesia.org
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Pelayanan kesehatan,distribusi Hygiene Kits dan sosialisasi PHBS

  1. Setelah di eksploitasi kekayaannya, hancur akibat tsunami, lalu sudah?begitu saja?#MariPeduliMentawai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s