Bersahabat dengan Bencana

Henrico-300x191

Kalimat “Bersahabatlah dengan bencana…” ini diucapkan oleh seorang pekerja sosial-kemanusiaan, Henricus Hari Wantoro, merespons pertanyaan seputar gempa yang mulai sering terjadi di Pulau Nias akhir-akhir ini. Henricus adalah Manajer Yayasan Yakkum Emergency Unit (YEU) Henricus Hari Wantoro, yang berkantor di Jalan Dolok Martimbang, Desa Boyo, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli.

Pria warga Yogyakarta, yang sudah sejak 2008 mengabdikan dirinya di Pulau Nias, itu berkenan berbagi cerita kepada NBC, Selasa (22/2/2011) di ruang kerjanya di Kantor YEU seputar penanganan trauma dan antisipasi risiko gempa di Pulau Nias.

Menurut Henricus, dengan sering terjadi gempa atau ”siheu” di Pulau Nias, itu semakin baik karena selalu mengingatkan masyarakat untuk kesiapsiagaan mengurangi risiko. Dengan terbiasanya masyarakat menyelamatkan diri setiap merasa adanya getaran gempa, dengan sendirinya belajar menyelamatkan diri. Selain itu, masyarakat juga berupaya untuk menghilangkan rasa trauma dan meningkatkan kapasitas serta mengurangi risiko dan ancaman terhadap musibah yang terjadi.

Risiko Berkurang

Setidaknya ada empat upaya yang harus dilakukan untuk bersahabat dengan bencana. Keempat upaya ini harus dipahami dengan baik, yakni menganalisis setiap lingkungan yang menjadi risiko, kerentanan, kapasitas, dan ancaman. Dengan memahami dan dapat memetakan keempat jenis upaya tersebut, maka risiko suatu bencana akan berkurang.

Henricus, ayah dua anak itu, mengatakan, dengan mempelajari metode identifikasi ini, maka masyarakat dapat mengetahui ancaman dan risiko yang ada di lingkungannya serta kapasitas dan kerentanannya sehingga masyarakat mampu membuat perencanaan penangulangan bencana dengan meningkatkan kapasitas yang dimiliki dan memperkecil potensi ancaman dan risiko yang ada.

Selain itu, dengan sering terjadinya gempa sekarang ini, setiap keluarga juga harus ada koordinasi dalam keluarga. Di mana dalam keluarga harus dibagi tugas siapa yang menjadi komando, yang mengevakuasi, dan yang memetakan jalur keluar.

Hal yang perlu dilakukan masyarakat sekarang ini segera menghilangkan rasa trauma, yang harus diperhatikan bahwa mereka sadar berada di atas jalur rawan bencana, memahami, dan mengetahui tanda-tanda terjadinya bencana, harus membiasakan diri untuk bersiaga, memetakan daerah yang menjadi risiko, memasang jalur evakuasi. Sementara dari pihak lembaga memberi penguatan kapasitas kepada masyarakat untuk mengurangi risiko dengan melalui pelatihan.

Seringnya terjadi getaran gempa tahun 2011 ini, kemungkinan besar berkaitan gempa yang menghancurkan Pulau Nias 28 Maret 2005. Sebab, Pulau Nias berada di dua lempeng Australia dan Asia sehingga lempeng tersebut masih belum menyatu. Kemungkinan besar, ke depan mungkin terjadi gempa yang lebih dahsyat ataupun kekuatannya sama dengan tahun 2005. Namun, yang diharapkan kepada masyarakat jangan trauma, tetapi mendekatkan diri dengan cara bersahabat dengan bencana. Caranya dengan sering berlatih menyelamatkan diri. [Onlyhu Ndraha]


diposting ulang dari Nias-Bangkit 25 Feb 2011

About oaseindisasters

Oase in Disaster - Yakkum Emergency Unit This blog is official blog of Yakkum Emergency Unit Member of ACT Alliance and Member of Humanitarian Forum of Indonesia. The contents of this blog covers the YEU's activities related to emergency responds activities in Indonesia. Currently, we are working in emergency respon in three different areas; to respond Wasior flash-flood affected people in Manokwari, West Papua, tsunami-Mentawai affected people in Mentawai, West Sumatera, and Merapi Volcano Eruption in Central Java and Yogyakarta. At the national level, we are coordinating within the network of Humanitarian Forum of Indonesia (HFI) and at the International level we're coordinating with Global Network for Disaster Reduction and ACT Alliance. Email: yeu@yeu.or.id Follow us in twitter @yeu2001 www.yeu.or.id www.actalliance.org www.humanitarianforumindonesia.org
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s