SISTEM PERINGATAN GEMPABUMI DI MANOKWARI

Fasilitator_dan_peserta_pelati

Manokwari, 20 Juli 2011

Pada hari Senin (18 Juli 2011) sebuah sistem peringatan gempabumi telah terpasang di kantor Distrik Manokwari Timur yang masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat. Sistem peringatan gempabumi ini merupakan bentuk dukungan dari Malteser International dan Kementrian Luar Negeri Jerman yang bekerjasama dengan YAKKUM Emergency Unit (YEU) dalam rangka program kesiapsiagaan bencana di Kabupaten Manokwari Timur.

Pemilihan kantor Distrik Manokwari Timur sebagai lokasi pemasangan sistem peringatan gempabumi ini tidak lepas dari survey oleh tim YEU bersama para pihak terkait di lingkungan Distrik Manokwari Timur. Survey berlandaskan pada data dan fakta bahwa karakterisktik potensi bencana yang ada di Provinsi Papua Barat adalah gempabumi dan tsunami.

Wilayah Kelurahan Pasir Putih (Distrik Manokwari Timur) tergolong Kelurahan dengan konsentrasi penduduk yang tinggi, sekitar 3.100 jiwa, dan sebagian masyarakat tinggal di tepi pantai. Dalam sejarahnya, wilayah ini dan sekitarnya pernah mengalami beberapa gempabumi hingga menyebabkan kerusakan.

Sistem peringatan gempabumi ini merupakan terobosan baru dalam kesiapsiagaan bencana berbasis teknologi. Terobosan yang dimaksud terletak dalam sistem deteksinya yang mampu mendeteksi dan menganalisa 2 (dua) gelombang seismik; gelombang Primer dan gelombang Sekunder. Gelombang Primer memiliki karakteristik tidak berbahaya, tidak terasa oleh manusia, dan menyebar dari titik pusat gempa lebih cepat daripada gelombang Sekunder. Gelombang ini ditangkap oleh sistem terlebih dahulu. Gelombang Sekunder akan mengikuti setelah jeda beberapa saat, dan biasanya merupakan getaran yang lebih merusak.

Semakin jauh sistem dari pusat gempa, semakin lama periode waktu interval antara gelombang Primer dan gelombang Sekunder. Peride waktu interval inilah yang dapat digunakan untuk peringatan dini bagi manusia dan lingkungannya.

Setelah gelombang terdeteksi oleh alat, maka akan terdengar sirine peringatan dalam radius 800 meter hingga 1 kilometer (tergantung kondisi topografi). Bunyi sirine akan memberikan peringatan kepada masyarakat untuk segera bertindak dan bergegas menyelamatkan diri.

Secara keseluruhan, sistem yang telah terpasang di Manokwari ini dipatok dengan harga sekitar EUR 40.000. Nilai yang cukup tinggi mengingat pengerjaannya dilakukan menggunakan teknologi terbaharui dan telah melalui serangkaian pengembangan di Jerman. Di sini kita tidak akan membicarakan mengenai nilai nominal, tetapi nilai nyawa manusia yang akan terselamatkan ketika sistem ini bekerja. Terlebih lagi bagaimana mempersiapkan masyarakat untuk selalu berjaga dan bersiaga. Sistem ini dapat menjadi sarana pembelajaran bagi pembentukan kebiasaan dan kesadaran masyarakat untuk hidup berdampingan dengan gempabumi.

Bersamaan dengan pemasangan alat ini, dilakukan juga pelatihan kepada peserta yang merupakan perwakilan dari Kelompok Siaga Bencana Kelurahan (KSBK) Pasir Putih, staf kantor Distrik Manokwari Timur, staf bidang kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manokwari, staf bidang Sandi dan Telekomunikasi Pemda Manokwari, LSM dan akademisi dari Universitas Papua. Pelatihan difasilitasi oleh 2 (dua) teknisi dari Jerman, Juergen Przybylak dan Markus Graumueller. Transfer pengetahuan dan ketrampilan ini dimaksudkan untuk memastikan tersedianya tenaga teknis lokal yang memahami cara kerja alat, pemeliharaan alat dan mampu melihat peluang pengembangan alat peringatan gempabumi ini untuk penggunaan di masa mendatang. (AMT)

Anastasia Maylinda

YAKKUM Emergency Unit (YEU)
Jl. Nusantara 4, no. 02
Kelurahan Wosi, Kecamatan Manokwari Barat
Manokwari, Papua Barat
98312
Tel./Fax. +62 (0) 986 212262

Be content with what you have; rejoice in the way things are. When you realize there is nothing lacking, the whole world belongs to you” (Lao Tze)

About oaseindisasters

Oase in Disaster - Yakkum Emergency Unit This blog is official blog of Yakkum Emergency Unit Member of ACT Alliance and Member of Humanitarian Forum of Indonesia. The contents of this blog covers the YEU's activities related to emergency responds activities in Indonesia. Currently, we are working in emergency respon in three different areas; to respond Wasior flash-flood affected people in Manokwari, West Papua, tsunami-Mentawai affected people in Mentawai, West Sumatera, and Merapi Volcano Eruption in Central Java and Yogyakarta. At the national level, we are coordinating within the network of Humanitarian Forum of Indonesia (HFI) and at the International level we're coordinating with Global Network for Disaster Reduction and ACT Alliance. Email: yeu@yeu.or.id Follow us in twitter @yeu2001 www.yeu.or.id www.actalliance.org www.humanitarianforumindonesia.org
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to SISTEM PERINGATAN GEMPABUMI DI MANOKWARI

  1. linkdataaces says:

    LINKDATAACES BROADBAND VSAT IPhttp://linkdataaces.indonetwork.co.idLayanan Komunikasi berbasis VSAT IP C-Band InternetSalah satu solusi teknologi yang tepat untuk menjawab kendala geografis Indonesia adalah link komunikasi Internet berbasis VSAT IP. Layanan komunikasi Internet berbasis VSAT IP ini tidak mengenal batasan letak geografis. Jadi dengan demikian, tidak hanya wilayah yang sudah tersedia jaringan terestrial saja, untuk wilayah yang sulit dijangkau atau belum tersentuh jaringan telekomunikasi pun dapat menikmati layanan telekomunikasi tersebut.Satelit yang kita gunakan satelit apstardengan harga bandwid sangat terjangkau

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s