Enam Bulan bersama YEU: 28 Maret-28 Agustus 2012

Sekfamner_eliazer_rumbrar

Enam Bulan bersama YEU: 28 Maret-28 Agustus 2012
(Oleh Sekfamner Eliazer Rumbrar)

Tak terasa waktu terus berlalu, sebentar lagi medio Agustus akan berlalu dan masuk pada medio September 2012, tak terasa pula sudah enam bulan tepatnya pada tenggal 28 Agustus 2012  saya bergabung bersama  YEU. Waktu yang mungkin untuk sebagian orang merupakan waktu yang singkat, tetapi bagi saya enam bulan bersama YEU merupakan waktu yang sangat berarti. Tanggal 28 Maret merupakan hari pertama untuk mulai bekerja bersama YEU, sekaligus merupakan lembaga pertama yang menerima lamaran pertama saya semenjak menyelesaikan kuliah pada tahun 2011.

Sejak kuliah, saya telah terlibat aktif dalam dunia organisasi kampus, mulai dari level program studi sampai pada tingkat Universitas. Sehingga merasa punya cukup pengalaman dalam berorganisasi, namun semua pengalaman berorganisasi itu belum membuat saya matang dalam berorganisasi serta mengorganisir suatu kegiatan; masih banyak hal yang harus dipelajari.

Pertama kali bergabung dengan dengan YEU, rasa tidak percaya diri muncul karena merasa latar pendidikan tidak sesuai. Saya bekerja di lembaga yang (menurut saya) tidak sesuai dengan disiplin ilmu, apalagi harus berhadapan dengan masyarakat, mendampingi masyarakat, belum lagi ditambah dengan menfasilitasi proses-proses pelatihan bersama masyarakat. Semua hal ini membuat saya ragu dengan kemampuan diri saya; apakah saya mampu bekerja bersama dengan teman-teman yang telah sekian lama bekerja di YEU? Dalam bulan pertama bekerja, saya mengikuti pola pendekatan manajerial dan pengorganisasian yang dijalankan oleh YEU, yakni melalui pendampingan kepada masyarakat, rapat-rapat koordinasi, evalusi tim, dan pekerjaan-pekerjaan lain yang mungkin tampak sepele, tapi berdampak besar bagi banyak orang.

Bekerja bersama YEU merupakan pengalaman pertama dalam dunia kerja sekaligus sebagai proses pendewasaan dalam berorganisasi. Banyak hal baru yang bisa dipelajari, mulai dari bagaimana menyusun suatu rencana kerja, bagaimana merancang kegiatan, bagaimana melakukan evaluasi kerja, bagimana menyusun laporan bulanan. Yang tak kalah penting dan merupakan hal baru, adalah bagaimana kita belajar untuk menghargai waktu. Untuk urusan disiplin waktu saya sangat salut kepada teman-teman YEU, karena bekerja secara konsisten terhadap waktu sehingga tepatlah ketika teman-teman berkata “waktu adalah emas”. Di sini saya mulai belajar untuk menghargai waktu karena setiap waktu yang telah berlalu tidak akan pernah kembali, dan setiap waktu yang ada harus dimanfaatkan untuk kepentingan diri sendiri maupun untuk orang lain.

Waktu enam bulan bersama YEU telah banyak memberikan pengalaman serta pembelajaran yang luar biasa bagi saya sekaligus sebagai modal awal bagi saya dalam melayani sesama, terutama masyarakat Papua yang masih membutuhkan sentuhan-sentuhan pembangunan, terutama  pembangunan kualitas hidup manusia Papua.

Akhir kata saya mengucapkan terima kasih kepada YEU yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk bekerja sekaligus belajar di lembaga ini. Tak lupa juga saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman YEU di Wasior yang telah memberi dukungan, semangat dan motivasi dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab yang diberikan. Semoga YEU terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat tak berdaya dan terus berjuang menyuarakan kaum tak bersuara agar dapat bersuara.

Tuhan Memberkati!

Wasior, 24 Agustus 2012 
 
YAKKUM Emergency Unit (YEU)

Jl. Samberi-Masabuai
Kampung Maniwak
Distrik Wasior
Kabupaten Teluk Wondama
Provinsi Papua Barat
INDONESIA
Skype: anastasia_maylinda

Be content with what you have; rejoice in the way things are. When you realize there is nothing lacking, the whole world belongs to you” (Lao Tze)

About oaseindisasters

Oase in Disaster - Yakkum Emergency Unit This blog is official blog of Yakkum Emergency Unit Member of ACT Alliance and Member of Humanitarian Forum of Indonesia. The contents of this blog covers the YEU's activities related to emergency responds activities in Indonesia. Currently, we are working in emergency respon in three different areas; to respond Wasior flash-flood affected people in Manokwari, West Papua, tsunami-Mentawai affected people in Mentawai, West Sumatera, and Merapi Volcano Eruption in Central Java and Yogyakarta. At the national level, we are coordinating within the network of Humanitarian Forum of Indonesia (HFI) and at the International level we're coordinating with Global Network for Disaster Reduction and ACT Alliance. Email: yeu@yeu.or.id Follow us in twitter @yeu2001 www.yeu.or.id www.actalliance.org www.humanitarianforumindonesia.org
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

