Rakyat adalah aktor utama dalam Pengurangan Risiko Bencana

Tidak terasa Pertemuan Tingkat Menteri se-Asia tentang Pengurangan Risiko Bencana ke-5  atau 5th AMCDRR (Asian Ministerial Conference on Disaster Risk Reduction) di Yogyakarta, Indonesia yang berlangsung minggu lalu 22-25 Oktober 2012 telah usai, gedung pertemuan sudah bersih, spanduk-spanduk dan bendera Negara-negara Peserta telah diturunkan, stand-stand pameran telah di bersihkan, yang ada sekarang kami Rakyat Indonesia menantikan hasil dari pertemuan Tingkat Menteri se-Asia, kami tidak ingin acara kemarin hanya sebatas Pertemuan ajang “pamer keberhasilan project” sebuah lembaga ataupun suatu negara, kami tidak ingin acara kemarin hanya sebatas pertemuan untuk membahas dokumen-dokumen semata. Sebaiknyalah dokumen-dokumen tersebut kita realisasikan bersama..mari kita bersama melakukan “Pengurangan Risiko Bencana”, karena kalian adalah wakil-wakil kami di Pertemuan Tingkat Menteri, jadi jikalau kalian tidak bekerja sama dengan aktor utama dalam PRB, maka gambar-hidup ini tidaklah sempurna…(tna)

Dengarkanlah pernyataan kami ini:

Deklarasi Rakyat :
Rakyat adalah Aktor Utama dalam Pengurangan Risiko Bencana

1. Kami masyarakat terdampak bencana mendukung hasil-hasil deklarasi yang berfokus pada rakyat, yang  mencakup laki-laki dan perempuan, para lanjut usia, anak-anak dan para penyandang  kebutuhan khusus yang telah benar-benar menunjukkan usaha mandiri dalam menghadapi dampak bencana dan berusaha mencegahnya.

2. Kami masyarakat  terdampak bencana meminta hasil konferensi ditindaklanjuti secara serius dan berkelanjutan.  Juga harus mengedepankan keterlibatan yang sungguh-sungguh dari seluruh komponen masyarakat,laki-laki dan perempuan, dengan kerja sama yang terbuka dan bertanggungjawab dari pemerintah dan semua lembaga terkait.

3. Kami masyarakat terdampak bencana menghendaki dana untuk bencana tidak hanya saat respon darurat tapi juga untuk hal-hal terkait sebelum bencana. Kami juga menolak segala bentuk utang untuk membiayai upaya-upaya pengurangan risiko bencana, karena akan menimbulkan bencana baru.  Hal ini untuk memastikan risiko bencana dapat dikurangi,dan penggunaanya jangan sampai dikorupsi. Kami juga melihat pentingnya kepemimpinan yang bijaksana dan bertanggung jawab serta mengabdi ke rakyat di semua tingkat dari lokal sampai global.

4. Kami masyarakat terdampak bencana meyakini dan meminta akses infomasi yang memadai sebagi kunci untuk membangun ketangguhan masyarakat menghadapi bencana.

 

Tertanda

saya

Puisi Siapakah yang Difable

Siapakah yang difable?
Diriku atau dirimu?ketika kamu tidak bisa melihat mereka…
Siapakah yang lumpuh?diriku atau dirimu?
Ketika dirimu tidak mampu menegakkan hak-hak kami, siapakah yang lumpuh?
Siapakah yang buta? Diriku atau dirimu?
Ketika dirimu tidak dapat melihat dengan mata hatimu terhadap diriku, siapakah yang buta?
Siapakah yang tuli? Diriku atau dirimu?
Ketika dirimu tidak mampu mendengarkan jeritan dari kami dan tidak mampu mendengarkan kesusahan dari kami, siapakah yang tuli?
Siapakah yang bisu? Diriku atau dirimukah?
Ketika kamu tidak mampu menyuarakan hak-hak kami,
Ketika dirimu hanya diam melihat kami tidak mendapatkan hak-hak nya
Siapakah yang bisu? Diriku atau dirimukah?
Karena sikapmu terhadap diriku
Menentukan masa depan ku..

(by Komunitas Difable Klaten, Jawa tengah)

Dsc_07950dsc_10270dsc_09350dsc_09050dsc_07880dsc_10510dsc_08220dsc_09510dsc_07830dsc_10710dsc_08480dsc_09650dsc_08820dsc_07760dsc_10150dsc_09390dsc_10640dsc_08060dsc_10480dsc_08330dsc_09560dsc_09150dsc_08260dsc_10590dsc_10980dsc_08630dsc_07790dsc_1000

About oaseindisasters

Oase in Disaster - Yakkum Emergency Unit This blog is official blog of Yakkum Emergency Unit Member of ACT Alliance and Member of Humanitarian Forum of Indonesia. The contents of this blog covers the YEU's activities related to emergency responds activities in Indonesia. Currently, we are working in emergency respon in three different areas; to respond Wasior flash-flood affected people in Manokwari, West Papua, tsunami-Mentawai affected people in Mentawai, West Sumatera, and Merapi Volcano Eruption in Central Java and Yogyakarta. At the national level, we are coordinating within the network of Humanitarian Forum of Indonesia (HFI) and at the International level we're coordinating with Global Network for Disaster Reduction and ACT Alliance. Email: yeu@yeu.or.id Follow us in twitter @yeu2001 www.yeu.or.id www.actalliance.org www.humanitarianforumindonesia.org
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s